Jumat, 15 Maret 2013

Tips & Trik: Internet Aman dan Cepat dengan Tor Browser Bundle

Anda pengguna setia internet? Yang sering memakai internet pasti kunjungan pertama ialah Google, kalau untuk anak remaja biasanya langsung pergi ke Facebook/Twitter. Untuk Anda yang doyan download pasti langsung pergi ke URL yang menyediakan file yang dicari. Tapi jika ada situs favorit kita di blokir/tidak boleh di akses/ditutup oleh pemilik internet? Atau koneksi milik sendiri tapi kecepatannya kaya siput jalan? Ada solusinya untuk membuka situs favorit kita yang di blok oleh yang empunya internet khususnya hotspot area yang sengaja menutup beberapa akses untuk menjaga performa internet.

Gimana caranya?
Caranya kita memakai software pihak ketiga yang disebut dengan Tor Browse Bundle.

Apa itu Tor?

Tor adalah sebuah software gratis yang dikeluarkan oleh Tor Project, Inc. untuk membantu kita membuka akses jaringan/alamat URL yang di tutup/di blokir oleh yang empunya koneksi internet. Tor juga membantu kita berselancar internet dengan aman karena kita akan dibuat tidak terlihat, maksudnya kita tetap login dengan yang empunya koneksi tapi kita berselancar menggunakan konfigurasi internet dari Tor untuk membuka semua jaringan yang di blok.
Untuk mencobanya, silakan pertama unduh dahulu Tor Browser Bundle dengan meng-klik tautan ini. (bagi pengguna Windows, untuk pengguna non-Windows, silakan lihat di tautan tersebut dan pilih versi OS Anda)

Setelah terunduh, ekstrak file tersebut, jadinya akan seperti gambar berikut. Klik ganda pada Start Tor Browser untuk memulai Tor.

Setelah terbuka, tunggu hingga Tor menyambungkan dirinya ke jaringan Tor.























Setelah terhubung, maka akan keluar browser milik Tor yang ada kemiripan dengan browser Mozilla Firefox. Sembunyikan Panel Kontrol ini agar tidak tertutup, klik Sembunyikan.







Silakan berselancar internet dengan browser itu, jangan gunakan Mozilla, karena itu akan sama saja ada akses jaringan yang di blok, jika menggunakan browser Tor, maka tidak ada yang di blok.

Jika ingin menggunakan Mozilla sebagai browser, jangan kecewa, masih bisa diakali, caranya:
Setelah browser Tor terbuka, klik Tor Browser (pojok kiri atas) > Options > Options
Pilih Advanced > Network > Settings... (lihat gambar).

Muncul kotak dialog. Ada setelan proxy di situ bukan? Ingat-ingat pengaturan proxy-nya, jangan sampai salah, jika tidak ingat, bisa ditulis proxy dan port-nya di Notepad terlebih dahulu, dan juga pilihan SOCKS-nya, apakah v4 apa v5.




























Klik OK > OK

Buka browser Mozilla.

Lakukan hal yang sama, caranya klik Firefox (pojok kiri atas) > Options > Options (Firefox > Pengaturan > Pengaturan).
Klik Advanced > Network > Settings... (Canggih > Jaringan > Pengaturan...).

Pilih "Manual proxy configuration" (Konfigurasikan proxy secara manual).
Masukkan semua data proxy yang telah dicatat tadi, mulai dari proxy sampai pilihan SOCKS-nya, jangan lupa jangan sampai salah tempat.

Klik OK > OK.

Sekarang Anda bisa berselancar internet dengan browser kesayangan Anda. Tapi ingat, browser Tor dan yang tadi jangan di tutup, biarkan terbuka sampai Anda selesai berselancar.
N.B. : Jika selesai, kembalikan pengaturan proxy di Mozilla Firefox supaya ketika kita tidak browsing lagi di tempat tersebut tidak kaget ketika ada peringatan di browser Anda.
Selamat mencoba. Jangan lupa berikan tanggapan Anda tentang artikel ini dengan meng-klik salah satu pilihan di bawah ini dan tinggalkan komentar jika Anda ada pertanyaan tentang artikel ini.
Komentar akan dibalas 1 minggu setelah artikel ini dimuat.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

kok saya ga bisa terhubung dengan jaringan tor nya ya? :D

Yehezkiel mengatakan...

Kalau tidak bisa terkoneksi ke jaringan Tor biasanya ada beberapa sebab, sebab utamanya tidak tersambung ke internet terlebih dahulu atau akses internet harus melalui proses login
Setelah itu, eksekusi berkas Tor Bundle di atas :D

Unknown mengatakan...

ane berhasil !!!
kalo punya web seru kasi tau ane y gan yahez !!!
thx!

Yehezkiel mengatakan...

Niezar Chonaine: Oke gan, semoga membantu :)

cake pics mengatakan...

Ok, sepertinya ini bagus, karena aku selalu menggunakan Wifi yang di protect, jadi ga bisa buka FB, oke, nanti aku coba,, Thanks :)

azizul fazly mengatakan...

Bagus ya

Bani Israil mengatakan...

mozila saya kok gak bisa terhubung jaringan tornya ya?
koneksi internet saya bagus dan pastinya terhubung internet, dan tidak ada login
-___-"

Posting Komentar