Kamis, 21 Juni 2012

Tutorial: Microsoft Office Word - Membuat & Mencetak di Atas Label


Selain fungsi-fungsi dasar yang diberikan oleh Ms. Word, ia juga bisa membuat template untuk membuat label dan mencetak di atas label. Berikut langkah-langkahnya.

Untuk membuat label, tentu saja siapkan medianya, yaitu label. Label bisa ditemui di berbagai tempat penjualan buku dan alat tulis lainnya. Dalam contoh, kami menggunakan label dengan merk Tom & Jerry No. 101 (2x3) dan Beng Yu No. 107 (3x10).

Tom & Jerry No. 101
Beng Yu No. 107




















Untuk membuat tulisan di atas label, buatlah template label sesuai dengan label yang akan digunakan. Berikut langkah-langkahnya. 



Untuk Ms. Word 2003:
=> Klik pada Tools - Letters and Mailings - Envelopes and Labels.








=> Muncul kotak dialog, lalu klik tab Labels.



















=> Klik Options... 


















=> Klik New Label...


















=> Muncul kotak dialog. Isikan sesuai dengan keterangan gambar di atasnya dan beri nama untuk label tersebut. Untuk ukuran kertas (Page size:), pilih ukuran Letter (8 ½ x 11 in). Klik OK.





















=> Pilih nama label yang telah kita buat tadi, lalu klik OK. 


















=> Klik New Document... untuk membuat label. 





















=> Anda akan dibawa langsung ke dokumen baru dengan template label yang telah dibuat dan disesuaikan ukurannya dengan nama dokumen Labels# - Microsoft Word


















=> Ketikkan pada tempat area yang disediakan.

Nb: Pada contoh diatas, terdapat tabel dengan 2 ukuran tabel yaitu besar dan kecil. Yang diisi hanya yang besar, jangan mengisi tabel yang berukuran kecil karena itu adalah jarak antara label satu dengan yang lainnya. Jika selisih dari Vertical/Horizontal Pitch dan Width/Height lebih dari 0,2 cm, maka akan terlihat jaraknya.

=> Jika ingin mencetak label, posisikan terlebih dahulu label ke dalam printer. Lalu klik File - Print, dan tanpa melakukan pengubahan klik OK.

Untuk Ms. Word 2007, caranya hampir sama, tetapi untuk membuat label, klik Ribbon Mailings - Labels - Options... - New Label - Lakukan pengaturan dan pengukuran - OK - OK - New Documents
































0 komentar:

Posting Komentar